Mahir Puluhan Hingga Ratusan Bahasa di Dunia

3:49 AM
Mahir Puluhan Hingga Ratusan Bahasa di Dunia - Polyglot atau orang yang menguasai dengan mahir lebih dari 4 bahasa mungkin banyak di dunia. Namun yang bisa menguasai mahir puluhan hingga ratusan bahasa sangat langka. Berikut 5 polyglot terhebat di dunia itu.

Berikut 5 polyglot terhebat di dunia seperti dikutip dari onlinecollegecourses.com dan berbagai sumber:

Poliglot Dunia

Ziad Fazah 
Ziad Fazah adalah pria kelahiran Liberia pada 10 Juni 1954 ini pemegang rekor Guinnes World Record untuk manusia paling banyak menguasai bahasa di dunia. Fazah mengklaim bisa membaca dan berbicara dalam 58 bahasa seperti Arab, Polandia, Thailand, Urdu, Norwegia dan banyak lagi.



Beberapa kali pria berdarah Libanon ini tampil di acara-acara televisi dan menguji kemampuannya. Fazah ternyata bisa menanggapi penutur asli dari berbagai negara. Namun ternyata Fazah bisa selip lidah juga.

Dalam satu kesempatan di TV Chili, Fazah bahkan tak mengenali kata-kata untuk pemula dalam bahasa Finlandia, Rusia, Cina, Persia, Hindi dan Yunani yang diklaimnya sangat mahir.

Emil Krebs
Emil Krebs adalah diplomat Jerman yang hidup dalam masa 1867-1930 yang seorang pakar kebudayaan China. Krebs adalah polyglot dan menguasai dengan aktif dan pasif lebih dari 68 bahasa.


Krebs juga belajar lebih dari 120 bahasa, mengkoleksi 3.500 buku dari berbagai bahasa di dunia. Lucunya, Krebs belajar bahasa bukan dengan bahasa aslinya, Jerman, namun melalui bahasa kedua. Sebagai contoh, dia belajar bahasa Basque melalui bahasa Spanyol, kemudian belajar bahasa India dan Irlandia melalui bahasa Inggris, dan belajar bahasa Finlandia melalui bahasa Rusia.

Saking hebat kemampuannya, usai meninggal, otaknya sampai diawetkan dan dipelajari di Institut Penelitian Otak di Dusseldorf, Jerman.

Sir John Bowring 
Sir John Bowring adalah politisi sekaligus ekonom Inggris, juga petualang, penulis dan Gubernur ke-4 Hong Kong, yang memerintah pada masa 1854–1859. Bowring adalah polyglot dengan menguasai 200 bahasa dan mampu berbicara dalam 100 bahasa.


Kendati politisi, Bowring sangat menikmati pekerjaan penerjemahan puisi, lagu rakyat, dan karya sastra Rusia, Eropa Timur dan Spanyol. Bowring termasuk dalam kategori hyperpolyglot.

George Dumezil
George Dumezil adalah filolog Prancis yang terkenal yang hidup pada masa 1898-1986.


Dumezil mempelajari agama-agama tua di Asia dan Eropa. Tak pelak, Dumezil mempelajari berbagai bahasa kuno dunia. Dumezil diklaim menguasai 200 bahasa baik aktif dan pasif dari berbagai tingkatan kemahiran.

Giuseppe Gaspardo 
Giuseppe Gaspardo Mezzofanti adalah kardinal Italia yang hidup pada masa 1774-1849. Mezzofanti adalah seorang ahli bahasa sekaligus hyperpolyglot. Dia lahir dan besar di Bologna.


Selain mempelajari teologi dia bahkan menyabet guru besar dalam bahasa Arab dari Universitas Bologna. Dia juga menyabet gelar profesor bahasa Oriental dan Yunani. Bahasa memang passion Mezzofanti hingga dia bisa berbicara dalam 39 bahasa berbeda dari Ibrani ke Gujarat dengan ribuan dialek.

Mezzofanti memang jenius di bidang bahasa sehingga saat meninggal, orang-orang di Eropa berebut tengkoraknya.

(Lima Besar)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »